Rabu, 04 Agustus 2010

pengertian iman

Terima kasih atas tanggapan dan komentarnya teman2 semua, pertanyaan 'Apakah pengertian iman menurut anda?' adalah pertanyaan yang menyegarkan keberagamaan kita. Dari diskusi teman2 semua malam ini bisa saya simpulkan sebagai berikut ini.

Iman berarti mempercayai atau membenarkan (Tasdiq). Beriman kepada Allah berarti mempercayai keberadaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Adapun menurut istilah iman artinya membenarkan dalam hati, mengikrarkan dengan lisan dan mempraktekkan dengan perbuatan sesuai dengan tuntunan Islam. Dalam pengertian ini iman memiliki tiga unsur pokok yaitu membenarkan (Tasdiq), pengakuan (Iqrar) dan perbuatan atau pelaksanaan (Amal) dan kita wajib mengimani enam hal sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi wa Salam sebagai sabdanya,

'Iman adalah hendaknya engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, para utusanNya, Hari Kiamat dan ketetapan Nya yang baik maupun yang buruk.' (HR. Muslim).

Dalam bahasa arab iman berasal dari kata 'Aman' oleh karena itu sepatutnya orang yang beriman mendatangkan rasa aman bagi dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya. Bila orang mengaku beriman ada dua hal yang menjadi prinsip penting yang melekat pada dirinya. Pertama, menyatakan diri percaya secara kaffah pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kedua, Kepatuhan dan penghambaan diri pada Allah berimplikasi pada rasa aman dan nyaman terhadap sesama, hal itu diwujudkan dengan perbuatan yang paling sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu menyingkirkan duri dari jalan yang dilalui orang banyak. Sebagaimana Sabda Nabi,

'Iman itu memiliki lebih dari tujuh puluh bagian. Yang paling tinggi tingkatannya adalah ucapan 'La ilaha illa Allah' Tiada Tuhan Selain Allah' Yang paling rendah adalah menyingkirkan duri dari jalan yang dilalui orang dan malu adalah sebagian dari iman.' (HR. Bukhari & Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar